Selasa, 15 Mei 2012

Definisi Konseling Menurut Para Ahli

  • Menurut  Smith dalam Shertzer dan Stone Tahun 1974
Konseling merupakan suatu proses dimana konselor membantu konseli membuat interprestasi-interprestasi tentang fakta-fakta yang berhubungan pilihan, rencana atau penyesuaian-penyesuaian yang perlu dibuat. 
  • Menurut  Gibson Tahun 1985
Menyatakan bahwa konseling adalah hubungan bantuan antara konselor dan klien yang difokuskan pada pertumbuhan pribadi dan penyesuaian diri serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Menurut Cavanag Tahun 1990
Konseling merupakan hubungan antar seorang penolong yang terlatih dan seseorang yang mencari pertolongan, dimana ketrampilan si penolong bdan situasi yang diciptakan olehnya menolong untuk belajar berhubungan dengan dirinya sendiri dan orang lain dengan terobosan-terobosan yang semakin bertumbuh.
  • Menurut Rogers dalam Hendrarno Tahun 2003
Menyatakan bahwa konseling merupakan rangkaian-rangkaian kontak atau hubungan secara langsung dengan individu yang tujuannya memberikan bantuan dalam merubah sikap dan tingkah lakunya.
  • Menurut Bernard dan Fullmer Tahun 1969
Konseling meliputi pemahaman-pemahaman dan hubungan individu untuk mengungkapkan  kebutuhan-kebutuhan, motivasi dan potensi-potensi yang unik dari individu dan membantu individu yang bersangkutan untuk mengapresiasikan tiga hal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.